Monday, September 14, 2015

7 Alasan Memulai Bisnis di Masa Muda

7 Alasan Memulai Bisnis di Masa Muda


Ada banyak alasan untuk memulai bisnis ketika kita masih berumur 20tahun-an. Sebagian orang menilai – bukan karena mereka tak percaya diri dengan ide mereka, tapi karena mereka berpikir kalau memulai bisnis itu harus sudah banyak pengalaman, ilmu dan koneksi. Opini seperti itu tidaklah salah tapi kamu harus keluar dari zona nyaman dan mulailah sekarang!

Setelah kamu mulai berpikir kalau bisnis di masa muda lebih menguntungkan daripada di masa yang akan datang, kamu akan menyadari kalau banyak keuntungannya, seperti:

1. Menambah pengalaman berharga.
Memulai bisnis itu memberikan kamu banyak manfaat daripada sekedar mendapatkan pelajaran di sekolah atau waktu kuliah – pelajaran tentang ekonomi atau bisnis. Take an action! Segera lakukan apa yang telah kamu pelajari di sekolah maupun kuliah.

Kamu juga bisa belajar banyak tentang kekuranganmu saat menjalani bisnis. Semakin kamu tahu semakin kamu bisa menghadapi setiap masalah yang ada dalam bisnis kamu. Dalam hal seperti itu kamu sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan dalam bagaimana kamu menjalankan sebuah bisnis.

Jangan ragu-ragu sama ide bisnis kamu sendiri. Lebih baik eksekusi ide kamu sekarang sebelum orang lain mempergunakan ide kamu!

2. Di masa yang akan datang, kamu akan lebih bertanggung jawab pada diri sendiri maupun orang lain.
Nadiem Makarim (Go-Jek).

Faktor yang tidak boleh kamu remehkan adalah semakin beranjak dewasa, kamu akan bertanggung jawab pada orang lain.

Kamu sedang berada di masa yang masih sendirian belum menikah bahkan punya anak sendiri. Kelak kamu akan lebih beratnggung jawab pada fase seperti itu. Maka daripada itu, memulai bisnis sendiri akan memberi pelajaran “tanggung jawab” seperti melayani konsumen atau menggaji karyawan kamu.

3. Masa muda kamu tak akan sia-sia.

Achmad Zaky (Bukalapak).

Selain memiliki tanggung jawab yang banyak, kamu juga akan punya waktu yang sedikit.
Manfaatkan waktu kamu sebaik mungkin. Selama masih muda, kamu tidak akan memiliki tekanan mengenai kapan bisnis ini akan menjadi sukses. Hal seperti itu dapat memacu kamu untuk terus belajar memperbesar bisnis.

4. Meningkatkan ‘personal network’.

Ken Dean dan Andrew Darwis (Kaskus).

Personal network itu sendiri adalah relasi yang sudah kamu kenali semenjak kamu akan memulai sebuah bisnis. Persiapkan diri kamu sebaik mungkin untuk bertemu dengan orang-orang yang baru seperti bikin kartu nama atau tester produk (makanan). Semakin banyak relasi semakin kamu bisa beradaptasi di masa mendatang. Mungkin beberapa relasi kamu menjadi pelanggan setia produk kamu atua bahkan membantu menjual produk kamu. Nah, keren bukan?

5. Seseorang yang punya pola pikir bisnis akan dicari oleh perusahaan.

Ferry Unardi (Traveloka).

Setelah kamu mempunyai banyak relasi bisnis yang sudah kamu jalani, pastinya akan ada perusahaan yang ingin hire kamu untuk bekerja disana. Mereka ingin seseorang yang punya pola pikir bisnis. Kamu yang datang dengan ide dan pola pikir seperti itu akan mengembangkan perusahaan.

Biasanya seorang fresh-graduate akan berposisi sebagai staff, kamu dengan pola pikir seperti itu sepertinya akan langsung berposisi sebagai supervisoratau bahkan manajer. Patut untuk dicoba, bukan?

6. Menghabiskan jatah gagal. Untuk menuju kesuksesan semua orang pasti pernah merasakan kegagalan.
William Tanuwijaya (Tokopedia).

Hal paling buruk pasti akan terjadi kalau kamu sedang menjalani usaha. Gagal atau bahkan bisnis kamu bangkrut. Oke deh itu sangat mengecewakan, tapi itu bukan akhir dari segalanya. Kenyataanya kamu akan belajar lebih banyak dan memiliki pengalaman yang berharga. Jarang sekali di umur kamu yang sekarang kalau sebagian orang belum pernah merasakannya.

So, habiskan segera jatah gagalmu sekarang. Kalau bisa sekarang kenapa harus menunggu nanti, iya kan?

7. Berkesempatan untuk mendapatkan bantuan dana dari investor.

“Mengapa ada orang yang ingin berinvestasi dan membantu bisnisku? Padahal aku tak berpengalaman dan masih muda”

Hentikan asumsi seperti itu. Seorang investor tidak hanya berpikir kalau bisnismu menguntungkan, tapi juga karena kamu masih muda yang sudah berani untuk memulai usaha dan mencari uang sendiri. Ambil kesempatan tersebut dan buktikan kalau kamu layak untuk sukses di masa muda.

So, ingin memulai bisnis? Do it now or never!

Sumber : http://www.devi.co.id/2015/09/08/7-alasan-memulai-bisnis-di-masa-muda/

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts



 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews | PhotoBooth Souvenir Instant | PhotoBooth Aksesoris Properti | PhotoBooth Untuk Souvenir | Rental Proyektor Infocus Bintaro