Saturday, July 4, 2015

Tips Berjualan Online


Hobi membeli barang via online memberikan Anda inspirasi. Sebaliknya, asyik juga kalau bisa berjualan online! Mengerjakan pekerjaan dari rumah sehingga Anda bisa memiliki waktu lebih leluasa bersama anak dan pasangan. Meski begitu tak semudah dugaan karena.. 
  • Siap bekerja 24 jam non stop. Bila Anda memilih bekerja sebagai penjual online, Anda harus online 24 jam karena pembeli tidak mengenal waktu untuk berdiskusi dengan Anda.
  • Harus up-date setiap saat. Bagaimana mungkin Anda menciptakan barang baru tapi Anda mengundur-undur waktu untuk mengunggah informasi terbaru. Wah, bisa-bisa penikmat online tidak bisa menikmati kerja Anda.
  • Memberikan informasi detail pada blog Anda karena Anda tidak berhadapan langsung dengan calon konsumen. Jangan sampai mereka memiliki persepsi yang berbeda dari informasi yang ingin Anda sampaikan.
  • Pengiriman barang perlu diperhatikan. Jangan sampai barang dagangan Anda tidak sampai dengan selamat di tangan konsumen dan membuat konsumen kecewa.
  • Promosikan jualan online Anda baik secara offline maupun melalui situs sosial media seperti Facebook, Twitter dan lainnya. Kalau tidak promosi, siapa yang akan beli?

Bisnis online sekarang adalah tren yang sedang sangat menjamur. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia bisnis online semakin digemari tiap lapis masyarakat. Kemudahan proses dan fleksibilitas membuatnya menjadi pilihan dari mereka yang terjun ke dalamnya.


Banyaknya orang yang ingin ikut berpartisipasi inilah yang membuat persaingan semakin ketat. Supaya bisa sukses dalam berjualan online, ada tips-tips khusus. Untuk itu Anda wajib melaksanakan 10 tips berjualan online berikut ini:

1.Pastikan Produk Anda TepatTidak semua produk bisa untuk dibuat bisnis online, misalnya saja peralatan berat yang membutuhkan biaya besar untuk pengiriman, belum lagi jaminan keutuhan barang selama prosesnya. Dengan demikian, Anda harus mempertimbangkan betul apakah produk Anda tepat bagi jenis bisnis ini. Namun bila Anda tetap ingin membuat website tentang usaha Anda, jadikan sebagai media pemasaran saja dan kustomer bisa melakukan transaksi secara langsung di lokasi Anda berada.

2. Deskripsikan Barang Anda Secara LengkapSebelum membeli, calon pembeli akan mencari tahu tentang produk yang dijual. Jadi Anda harus mendeskripsikan barang secara lengkap beserta dengan ukuran, hingga mereka tidak perlu lagi bertanya. Ini juga berguna apabila ada komplain tentang barang yang tidak sesuai harapan kustomer, Anda sudah memiliki bukti di dalam webstore Anda.

3. Integrasikan Webstore ke Sosial MediaSosial media kini adalah tempat yang paling banyak dikunjungi orang, entah untuk mengecek status teman-teman, chatting, atau mencari info. Sosial media juga sudah bisa digunakan untuk mengiklankan online store, dengan begitu Anda dapat menambah pemasaran bisnis Anda di sana. Semakin banyak pengunjung yang melihat, akan semakin banyak pula pelanggan Anda. Keuntungan lain dari menggunakan aplikasi tersebut adalah Anda bisa mengecek, mengobrol, dan berkomunikasi lebih intens dengan mereka.

4. Desain Website Anda Secara ApikPengunjung tidak menyukai tampilan website yang kurang menarik, berantakan, dan susah dibaca. Ini tentunya dapat mempengaruhi kualitas bisnis Anda. Desainlah website online shop Anda dengan apik, menarik, dan mudah untuk diakses oleh pengunjung.

5. Buat Proses Transaksi Berbelanja Semudah MungkinKetika Anda membuat website dengan sistem yang terlalu rumit, calon pembeli sudah akan merasa malas untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Sebaiknya buatlah proses transaksi berbelanja semudah mungkin, tidak memakan terlalu banyak waktu dan syarat. Namun mudah bukan berarti Anda jadi kecolongan. Tetaplah buat yang bisa Anda pantau untuk mengetahui kemajuan bisnis Anda.

6. Cermati Kebiasaan Para PengunjungTak ada salahnya sesekali Anda mencermati kebiasaan para pengunjung website Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apa barang yang biasa dibelinya atau link apa yang bisa mereka kunjungi.

7. Pilih Metode Pembayaran yang TepatAda beberapa metode pembayaran yang tersedia untuk transaksi berbelanja. Anda bisa memilih antara kartu kredit, transfer antar bank, atau sistem pembayaran yang kini sudah banyak tersedia, seperti PayPal. Sesuaikan pilihan dengan kondisi yang Anda punya.

8. Pekerjakan Customer ServicePelanggan adalah raja. Setiap pelanggan senang dilayani dalam memilih barang yang akan dibelinya. Bila Anda sudah cukup sibuk melayani banyaknya pelanggan Anda, tak ada salahnya untuk mempekerjakan seseorang untuk menjadi staff customer service bisnis Anda. Orang ini nantinya akan bertugas untuk menjawab pertanyaan, melayani, dan memberikan pendapat dari pelanggan, sedangkan Anda bisa dengan lebih fokus mengecek bisnis Anda.

9. Kategorikan Produk Sesuai JenisnyaJika Anda membangun bisnis yang menjual berbagai macam jenis produk, kategorikan produk-produk tersebut sesuai jenisnya. Di tampilan awal website Anda nanti harus tersedia menu yang memperlihatkan kategori barang, sehingga calon pembeli dapat langsung menuju ke barang yang ingin dibelinya. Sebaiknya Anda juga fokus pada satu jenis produk saja, misalkan fashion, alat tulis, atau kerajinan tangan.

10. Perhatikan SEO dan SEM nyaMemiliki website yang menakjubkan akan terasa sia-sia saja bila Anda tidak bisa mengoperasikannya dengan maksimal. Paling tidak Anda harus mempunyai orang yang mampu membantu Anda dan mengetahui benar tentang masalah SEO dan SEM. Sistem tersebut sangat mempengaruhi kemajuan website online shop yang Anda buat.


Source : 
- http://netpreneur.co.id/10-tips-berjualan-online/#.VZgiNxsiqmw
- http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/keluarga/tips/tips.berjualan.online/001/005/923/1/1

1 comments:

paket photo booth wedding souvenir said...

great tips article for Online Shop..
nice info, very usefull..

thank you

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts



 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews | PhotoBooth Souvenir Instant | PhotoBooth Aksesoris Properti | PhotoBooth Untuk Souvenir | Rental Proyektor Infocus Bintaro