Monday, September 21, 2015

Ilmuwan Indonesia Ramai-ramai Ingin Jadi Penentu Teknologi 5G

Ketua Forum 5G Jepang Prof. Susumu Yoshida (ketiga dari kiri) dan Ketua Forum 5G Indonesia 
Dr Sigit Puspita Wigadi Jarot (ketiga dari kanan) - 
Fotografer: Firtra/ I5GF.

Meskipun teknologi 4G baru saja diluncurkan di sejumlah kota besar di Indonesia, namun pembahasan soal teknologi konektivitas 5G sudah mulai ramai di sejumlah kalangan akademisi, industri, dan operator telekomunikasi dunia.

Sejumlah ilmuwan Indonesia pun tergugah dan langsung menggeliat membentuk Forum 5G Indonesia atau (I5GF) sejak 1 Juli 2015.

“Ini saatnya ilmuwan Indonesia membuat lompatan kuantum dengan menjadi penentu di teknologi 5G. Selama ini Indonesia hanya menjadi target pasar dan pengguna saja. Secara kemampuan SDM, Indonesia cukup mumpuni dan andal. Kita hanya butuh terorganisir dan saling sinergi satu sama lain,” kata Dr Sigit Puspito Wigati Jarot Ketua Forum 5G Indonesia di Legian, Bali melalui keterangan resminya, Senin (21/9/2015)..

Indonesia sebagai pasar terbesar ke-4 dunia dengan jumlah pelanggan komunikasi mobile mencapai 287 juta di tahun 2015 dan akan terus bertambah memang menduduki posisi yang signifikan dalam dunia teknologi komunikasi ke depan.

“Indonesia sepatutnya bisa menentukan standar teknologi 5G yang cocok dan sesuai kondisi serta karakter bangsa. Indonesia juga harus bersiap mengantisipasi standar dan frekuensi yang akan digunakan, termasuk aturan dan jenis perangkat yang akan membanjiri pasar ke depan,” tambah Sigit yang baru saja mewakili Forum 5G Indonesia menandatangi note kerjasama dengan Forum Mobile 5G Jepang (Japan 5GMF).

Kerjasama Forum 5G antara Indonesia dan Jepang ditandatangani di Legian Bali, Senin 21 September 2015. Sementara Forum 5G Jepang telah lebih dulu aktif dan diluncurkan sejak setahun lalu.

“Indonesia dan Jepang memiliki banyak kesamaan. Secara geografis, Jepang juga terdiri dari banyak pulau dan sering mengalami bencana alam seperti gempa bumi dan gunung meletus. Artinya kita memiliki tantangan yang mirip dan bisa saling bekerjasama,” kata Prof Susumu Yoshida, ketua Forum Mobile 5G Jepang.

Saat ini negeri sakura juga sedang melakukan sejumlah riset dan ujicoba. Mereka bahkan mencanangkan telah menggunakan teknologi 5G pada olimpiade musim panas yang akan digelar di Tokyo pada 2020.

“Kami berharap kerjasama dengan Indonesia yang memiliki banyak talenta SDM yang bagus, pasar yang luas, dan pengalaman yang beranekaragam dapat berjalan berkesinambungan,” kata Junichi Nakazawa, Direktur Divisi Land Mobile Kementerian Kominfo Jepang.

Sumber : http://tekno.liputan6.com/read/2322600/ilmuwan-indonesia-ramai-ramai-ingin-jadi-penentu-teknologi-5g?

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts



 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews | PhotoBooth Souvenir Instant | PhotoBooth Aksesoris Properti | PhotoBooth Untuk Souvenir | Rental Proyektor Infocus Bintaro