Friday, July 24, 2015

Tips Sukses Mempromosikan Bisnis Melalui Instagram



Instagram adalah aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan para penggunanya berbagi foto secara online melalui ponsel.

Sampai saat ini instagram merupakan jejaring sosial yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis toko online yang Anda jalankan. Apalagi jika jika bisnis yang Anda tekuni tersebut menawarkan produk-produk visual yang menarik seperti produk fashion dan juga aksesoris mode.

Instagram adalah aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan para penggunanya berbagi foto secara online melalui ponsel. Berbeda dengan aplikasi yang ada pada jejaring sosial lainnya, fitur khas untuk instagram adalah membatasi foto pada bentuk persegi, hampir sama dengan gambar Polaroid dan Kodak Instamatic.

Gambar produk juga bisa diedit sedemikian rupa menggunakan instagram, sehingga tidak perlu heran lagi jika foto produk di dunia maya sekarang ini hasilnya hampir sama dengan jepretan fotografer profesional. Untuk itu, kenapa Anda sebagai pelaku bisnis tidak mencoba untuk memanfaatkan instagram untuk mempromosikan bisnis Anda? Berikut adalah tips sukses mempromosikan bisnis melalui instagram untuk mendapatkan followers atau pengikut yang banyak.

1. Kunci utamanya adalah konsisten dalam mempostingPelihara followers Anda dengan tetap ikut terlibat dan mengambil perhatian dari para pengikut baru. Caranya dengan membagikan atau memposting foto-foto produk dari yang Anda jual ke Instagram setiap hari. Jika Anda tidak mempunyai foto produk yang cukup unik, maka Anda bisa bertukar foto menarik lainnya secara online. Jangan lupa juga untuk memberikan keterangan atau quote karena para pengguna yang tertarik dengan foto Anda biasanya akan memberikan komentar serta membagikannya (tag) kepada teman-teman mereka sehingga bisa meningkatkan visibilitas profil Instagram bisnis milik Anda.

2. Memberikan penawaran promosi khususMempromosikan bisnis melalui Instagram yang kedua adalah dengan memberikan penawaran khusus kepada followers Anda berupa potongan harga bahkan gratis untuk produk-produk tertentu setelah mereka memilih produk utama. Mintalah para pengguna Instagram untuk berbagi foto produk dari bisnis Anda dengan menggunakan hashtag demi memenuhi persyaratan setiap promosi tersebut. Strategi bisnis ini pada dasarnya menghasilkan pemasaran gratis bagi bisnis Anda. Selain itu, para pengguna baru juga diminta untuk mengikuti profil Anda dan untuk mengambil bagian dalam promosi bisnis yang berikutnya sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan yang potensial.

3. Bagikan profil Instagram Anda secara silang (crosspost)Fitur pencarian untuk Instagram tidak mempunyai fasilitas pencarian secanggih yang dimiliki oleh sosial media lainnya seperti Google Plus dan Facebook. Oleh sebab itu, para pengguna Instagram sulit untuk menemukan profil bisnis Anda kecuali para pengunjung tahu namanya. Untuk mengurangi efek kurang baik ini, posting profil bisnis Anda secara otomatis ke Twitter, Facebook dan juga Google Plus sehingga followers atau pengikut Anda di situs tersebut bisa dengan mudah menavigasi ke profil Instagram milik Anda.
Gunakan kekuatan hashtag atau # (tanda pagar)

Kategorikan semua posting Anda dengan menggunakan tanda pagar (#) pada kolom keterangan atau caption. Trend frase hashtag bisa bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas konten Anda. Untuk itu, buatlah hashtag seunik mungkin untuk bisnis Anda dan posting secara berkala. Dengan begitu, secara otomatis kategori unik tersebut akan memungkinkan para pengguna untuk lebih mudah menemukan foto-foto untuk produk bisnis Anda melalui fitur pencarian Instagram.

4. Bagikan secara langsung kartu nama dan stikerBerinvestasi dengan stiker murah serta kartu nama yang menampilkan nama Instagram bisnis milik Anda dengan hashtag yang unik. Kemudian, bagikan kepada para pelanggan atau siapa saja sehingga Anda juga dapat beriklan secara langsung di dunia nyata. Beriklan secara lokal dengan cara menempatkan stiker di tempat-tempat umum yang sering dilintasi oleh banyak pejalan kaki untuk mendapatkan perhatian dari para pengguna Instagram yang lain dengan jumlah yang lebih banyak lagi.

Dengan mengadakan event promosi suatu product, disarankan diramaikan dengan photobooth instagram yaitu para tamu-tamu undangan bisa mendapatkan cetak foto yang di upload melalui instagram dengan hashtag unik yang sudah di tentukan pada awal event.

Semoga tips sukses mempromosikan bisnis melalui Instagram tersebut bisa memberikan tambahan wawasan dan menginspirasi para pembaca maupun pemula bisnis yang ada di dunia maya.

Source : 
- http://cdn.shopify.com/s/files/1/0070/7032/files/instagram.jpg?2174
- http://suksesbisnisusaha.com/bisnis-online/tips-sukses-mempromosikan-bisnis-melalui-instagram

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts



 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews | PhotoBooth Souvenir Instant | PhotoBooth Aksesoris Properti | PhotoBooth Untuk Souvenir | Rental Proyektor Infocus Bintaro