Saturday, June 13, 2015

Smartfren Belanja BTS 4G USD 788 Juta di Nokia & ZTE

Smartfren Belanja BTS 4G USD 788 Juta di Nokia & ZTE

http://images.detik.com/content/2015/06/12/328/anthony.jpg Antony Susilo (rou/detikINET)


Jakarta - Smartfren berencana menggenapkan infrastruktur jaringannya menjadi 10.000 base station hingga akhir 2015, yang sebagian di antaranya dialokasikan untuk eNodeB agar bisa menggelar 4G LTE ‎di frekuensi 850 MHz dan 2,3 GHz mulai semester kedua tahun ini.

Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys mengatakan infrastruktur untuk 4G itu akan menggunakan Nokia dan ZTE dalam jangka waktu yang panjang hingga 3-4 tahun ke depan jika performa keduanya dinilai memuaskan.

"Tapi untuk dua tahun ke depan, kita punya perjanjian dengan Nokia dan ZTE‎ dengan nilai kontrak total USD 788 juta," ungkapnya usai Rapat Umum Pemegang Saham Terbatas di kantor Smartfren, Sabang, Jakarta, Jumat (12/6/2015).

Antony Susilo, Direktur Keuangan Smartfren, menambahkan bahwa Nokia mendapatkan porsi kontrak terbesar‎ dengan nilai USD 401,9 juta. Sementara ZTE nilai kontraknya USD 383,5 juta.

"Itu nilai kontrak untuk dua tahun ke depan. Selain dari kas internal, Nokia nanti pembayarannya menggunakan skema vendor financing. Sedangkan ZTE nanti dibayarnya dari pinjaman‎ bank," ujarnya.

Smartfren sendiri tahun ini mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) sekitar USD 200 juta hingga USD 300 juta. Sedangkan tahun depan, 2016, diperkirakan bertambah menjadi USD 400 juta hingga USD 500 juta.

"Seperti dari modal kas internal, dan dua pertiga lainnya dari pinjaman bank," kata dia.

Capex ini nantinya dihasilkan dari pinjaman berupa Obligasi Wajib Konversi (OWK) yang dilakukan sebanyak dua kali. Namun duit itu tak cuma untuk membiayai 4G LTE, tapi juga untuk biaya operasional dan melunasi pinjaman bank.

"Investasi 4G LTE kita financing dari vendor itu sendiri dan pihak bank‎. Yang dari pihak bank belum dapat, masih dalam proses.‎ Semoga proses pinjaman bank ini rampung bulan depan. ‎ Tapi funding untuk LTE ke depan nggak ada masalah sama sekali," katanya.

Bank yang dimaksud adalah China Development Bank. Smartfren rencananya akan meminjam uang USD 300 juta dari bank itu untuk membiayai infrastruktur dari ZTE yang juga berasal dari China. Nota kesepakatan antara kedua belah pihak ini dilakukan di sela kunjungan Presiden Joko Widodo ke negara itu. (rou/ash)         

Sumber : http://inet.detik.com/read/2015/06/12/192411/2941164/328/smartfren-belanja-bts-4g-usd-788-juta-di-nokia--zte 

1 comments:

photobooth souvenir event said...

Smartfren mudah2an selalu menjaga kualitas...

Post a Comment

Popular Posts

Popular Posts



 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews | PhotoBooth Souvenir Instant | PhotoBooth Aksesoris Properti | PhotoBooth Untuk Souvenir | Rental Proyektor Infocus Bintaro